--> Skip to main content

Pelajar NU Babakan Karanglewas Dorong Santri TPQ Ukir Prestasi


Banyumas, NU Online
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) menjadi sumur bagi semua anak-anak di Desa untuk menimba ilmu agama.  Begitu juga yang terjadi di Desa Babakan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.

TPQ di Desa Babakan mendapat perhatian khusus dari para pelajar NU Desa tersebut. Para pelajar mengapresiasi para asatidz yang telah bekerja keras mendidik para santri  TPQ dengan mengajak para santri agar berprestasi dalam suatu acara perlombaan yang bertajuk Festival Lomba Ramadhan Ceria.

Festival diikuti oleh 10 TPQ yang ada di sekitar wilayah Desa Babakan. Antusiasme santri terlihat ketika banyak yang mengikuti perlombaan, antara lain lomba tilawah Al-Quran, hafalan doa harian, hafalan surat, fashion show, cerdas cermat, dan pidato. Kegiatan lomba diadakan Ahad, (3/6) di Balai NU Desa Babakan kecamatan Karanglewas kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Kharis Ansor Fauzi, Ketua IPNU ranting Babakan menjelaskan, kegiatan tersebut salah satunya bertujuan untuk memperkuat ukhuah islamiyah antar sesama TPQ dan juga IPNU-IPPNU di desa Babakan. Selain itu juga mengajak para santri agar dapat berprestasi sekaligus mengapresiasi keberhasilan para asatidz dalam mengajarkan pendidikan di TPQ.

“Walaupun tidak semua TPQ  bisa ikut berpartisipasi, tapi alhamdulillah 10 TPQ bisa mengikuti kegiatan ini," katanya disela-sela acara

Biar bagaimana pun mereka para santri TPQ adalah generasi kita. Kami berharap merka bisa mengukir prestasi pada lomba tersebut. Dan hal Ini juga sebagai apresiasi atas keberhasilan para asatidz dalam mendidik para santrinya.

10 TPQ yang mengikuti kegiatan antara lain, TPQ An-Nur Karangpucung, Baitussolihin Karanggandul, Umariyah Pengempon, Api Salaf Karangpucung, Muhibbul Ulum Pengempon Gunung, Qomariyah Kalibamban, Nurul Iman Jatisawit, At-Taqwa Babakan, Sabilil Muttaqin Pejaten, dan TPQ Karangsari.

Nurul Asriyani, Ketua Panitia Festifal menuturkan dari semua perlombaan yang diadakan, hanya diambil juara 1 dan 2 saja. Sementara dari dewan juri, diambil dari unsur  alumni, tokoh masyarakat serta beberapa pengurus IPNU IPNU sekarang.

Beberapa nama-nama santri yang keluar menjadi juara antara lain, Fika, Fadilatul, Wardah, Alfat (TPQ Umariyah), Azka (TPQ An-Nur), Fina, Elsa, Hani, (TPQ Baitussolihin), Oktavia Ramadhani, Natania (TPQ At-Taqwa), Faria (TPQ Api Salaf) Suci (TPQ Nurul Iman) Virgin, Zulfa, Anggita (TPQ Muhibul Ulum).

Pelajar NU Babakan Karanglewas Dorong Santri TPQ Ukir Prestasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar